Minggu, 29 Mei 2016

Ingin Puasa Lancar Selama Masa Menyusui, Inilah Beberapa Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Yang Bisa Anda Lakukan

Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya untuk orang Muslim, baik wanita atau laki laki. Tidak terkecuali untuk wanita yang sedang menyusui. Tetapi Islam sendiri memberi kelonggaran untuk wanita yang menyusui atau yang sedang hamil. Untuk mereka yang sedang menyusui, jika tidak kuat untuk menjalankan puasa bisa di kasih keringanan untuk menggantinya di lain waktu atau membayar fidyah.


Tetapi untuk ibu menyusui yang ingin menjalankan puasa, tentu bisa sekali. Namun, sebaiknya anda mengetahui tips puasa bagi ibu menyusui terlebih dahulu agar puasa anda bisa kuat sampai saat berbuka nanti. Tetapi untuk ibu menyusui eksklusif atau usia bayi masih kurang dari enam bulan dianjurkan untuk menunda atau tidak puasa. Karena, pada usia itu ASI adalah asupan gizi dan cairan satu satunya bagi bayi tersebut.

Tetapi jika memutuskan untuk tetap berpuasa, anda mungkin bisa melakukan tips puasa bagi ibu menyusui. Diantaranya adalah :

1. Penuhi asupan menu dengan gizi seimbang
Untuk anda yang menyusui, penting sekali untuk tetap mempertahankan pola makan 3 x sehari, tentunya harus dengan gizi yang seimbang. Ketika anda sahur, ketika anda berbuka puasa, dan menjelang tidur setelah melakukan sholat tarawih. Karena makan saat sahur akan menghasilkan banyak energi untuk melakukan aktifitas anda saat puasa. Makanan yang berkomposisi gizi seimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk bayi anda.

2. Perbanyak konsumsi cairan
Untuk tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi cairan. Seperti dengan air putih ini sebanyak 8 liter per hari, 2 gelas saat sahur 2 gelas lagi saat berbuka dan 4 gelas untuk waktu antara sahur dan berbuka. Anda juga bisa mengonsumsi jus buah, air madu dan susu. Karena, dengan minum air susu saat sahur bisa membantu mengurangi ancaman anemia untuk anda yang menyusui atau yang sedang hamil. Dan berbuka puasa dengan minum minuman hangat akan sangat membantu untuk merangsang kelancaran ASI bagi anda yang menyusui.

3. Istirahat yang cukup
Bagi anda yang menyusui, anda harus menerapkan tips puasa bagi ibu menyusui ini. Untuk ibu menyusui yang sedang puasa, anda harus beristirahat seperti dengan tidur, atau sekedar rileks menenangkan pikiran. Jika saat puasa anak semakin sering menghisap payudara ibu menyusui maka produksi ASI anda akan semakin lancar dan banyak.

4. Tetap tenang dan percaya diri
Untuk anda yang menyusui ketika berpuasa, anda harus tetap dan tenang dalam beribadah dan percaya diri untuk tetap terus menyusui. Karena ketika anda cemas akan menghambat kerja hormon yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI anda dari payudara. Dengan menyusui pun itu bernilai ibadah.

5. Meminum air madu, kurma dan habatussauda
Diharapkan dengan meminum air madu, kurma dan habatussauda bisa memperlancar ASI ibu menyusui yang sedang berpuasa.

Bagi anda ibu menyusui yang tetap bekerja anda harus tetap memberi ASI anda untuk bayi anda. Karena, ketika ASI tidak dikeluarkan justru ASI anda akan menurun. Tetapi jika anda yang sedang menyusui dan anda harus melakukan banyak aktifitas atau bekerja, sebaiknya untuk dipertimbangkan untuk tidak berpuasa. Sebab dalam Islam sendiri pun ada keringanan bagi ibu menyusui.

Nah itu tadi adalah tips puasa bagi ibu menyusui. Semoga bisa membantu anda yang sedang menyusui yang ingin menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa tidak berpuasa. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top